Jumat, 08 April 2011

B3K: Panduan Memilih Istri

Bagi Anda yang sedang gundah-gulana mencari seorang istri mungkin butuh membaca artikel ini. Tak salah pula bagi anda yang belum berencana menemukan pasangan hidup, untuk membaca artikel ini.
B3K bukan istilah lain dari P3K. B3K adalah istilah yang terupdate sampai sekarang dalam memilih pasangan hidup. Penjelasannya :
1. Bibit
Maksudnya adalah rupa/genetis.
Biasanya banyak orang yang memilih pasangan dengan melihat ini. Dengan mendapatkan pasangan yang bagus rupanya, sering dijadikan tolak ukur kebahagiaan. Padahal nyatanya tidak selalu begitu.
2. Bebet
Maksudnya adalah keluarga/lingkungan/teman/sosialnya.
Kriteria ini masih lebih efektif dibandingkan kriteria sebelumnya. Karena untuk mendapat pasangan yang baik, dapat tercermin dari keluarga/lingkungan yang mendidiknya dan teman tempatnya bergaul.
3. Bobot
Maksudnya adalah kepribadian/pendidikan/agamanya.
Kriteria ini adalah kriteria yang sangat penting diantara sebelumnya. Karena sedalam apa dia memahami agama/pendidikan maka biasanya akan lebih bijaksana dan baik dirinya dalam memahami kehidupan.
4. Kelamin
Yah maksud dari kriteria ini, semuanya sudah tahu lah yah.
Kriteria ini adalah kriteria yang paling penting dan ini bukan masalah sepele. Berita yang baru mencuat belakangan ini tentang kasus Icha alias Rahmat menggegerkan masyarakat Indonesia.
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.(QS. Al-Hujurat: 13).
Sebenarnya ketiga kriteria diatas yang berasal dari tradisi jawa sudah sesuai dengan ajaran islam yang dibawa oleh Rasulullah yaitu hendaknya memilih pasangan hidup berdasarkan agama, keturunan, harta dan parasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar