Sabtu, 26 Maret 2011

Bergabung dengan PayPerclick (PPC) di Idblognetwork

Payperclick (PPC) adalah metode pengiklanan/pemromosian suatu produk barang/jasa tertentu pada suatu web/blog dari advertiser kepada para pemilik web/blog melalui perantara tertentu dimana terdapat suatu imbalan/bayaran atas setiap klik iklan di web/blog tersebut. Biasanya untuk melakukan program PPC ini, para pemilik web/blog diwajibkan mempunyai Paypal yang membutuhkan verifikasi kartu kredit. Nah! karena adanya verifikasi kartu kredit ini, membuat saya malas untuk membuatnya. Meskipun sangat tergiur untuk mendapatkan royalti dengan mengiklankan produk barang/jasa di blog saya.

Dua minggu yang lalu ketika harapan untuk mengadakan PPC di blog mulai pudar, saya menemui suatu program PPC baru yang bernama idblognetwork. Idblognetwork tersebut tidak membutuhkan akun Paypal, cukup dengan rekening tabungan saja. Sampai saat ini blog yang dikonfirmasi baru mencapai 2400-an dengan sekitar 5000 blog sedang menunggu konfirmasi approval. Setelah membaca TOR yang dipublish di web tersebut, saya agak putus asa karena wordpress-er gretongan tidak diijinkan gabung di komunitas tersebut sebab host provider wordpress tidak mengijinkan blogger untuk memasang script iklan. Padahal rating blog saya yang di wordpress sudah cukup tinggi dengan traffic 500-600 visitor perhari.

Namun semangat saya mulai kembali setelah muncul ide untuk membuat blog baru di blogspot dengan me-mirror-kan artikel-artikel jagoan saya. Akhirnya pada 18 Maret 2011 lahirnya sebuah blog baru yang bernama andihendrapaluseri.blogspot.com. Kala itu rating alexa belum ada masih cupu bener lah. Namun, 6 hari kemudian rankingnya sudah beranjak dalam 6jutaan dunia dan 80ribuan Indonesia.


Nah, ternyata perjuangan saya tidak berhenti sampai disini. Setelah mendaftarkan blog yang baru ke pihak idblognetwork, saya harus menunggu approval confirmation dari mereka yang tidak diketahui kapan. Berdasarkan forum discussion di facebook, ada blog yang sudah beberapa bulan belum diterima juga. Saat itu, yang bisa dilakukan hanya berdoa saja sembari mengisi blog dengan sesuatu yang  berkualitas. Yah, syarat yang ketat memang menjadi tantangan buat saya untuk dapat masuk ke komunitas PPC tersebut.

Beberapa hari kemudian, saya mendapatkan email notifikasi untuk menjadi member di komunitas tersebut. Alhamdulillah, ternyata penantian saya tidak harus berbulan-bulan seperti yang lain. Mengingat umur blog yang baru masih dalam hitungan hari dan ratingnyapun masih biasa saja, saya awalnya agak pesimis untuk mendapatkan approval confirmation dengan cepat.

Iklan pertama yang saya tampilkan di blog saya adalah iklan OSIM, yaitu perusahaan penjual message sofa yang sedang mengadakan promosi pada bulan Maret ini. Bertempat di Mall Taman Anggrek selama sebulan penuh. Royalti yang saya dapatkan untuk sekali klik adalah 1015 perak. Angka yang cukup besar untuk iklan perklik. Yah, semoga saja akhir bulan ini sudah mencapai 150.000 rupiah karena dengan saldo minimal 150.000 rupiah di akhir bulan. Pihak perusahaan idblognetwork akan mentransfer royalti ke rekening saya pada awal bulan (tanggal 5-10 bulan berikutnya).
Nah, bagaimana dengan Anda? tertarikkah mengikutinya? Saran saya :
  1. Gunakan blog yang host providernya tidak melarang Anda untuk memasang iklan
  2. Hapus/hidden semua tulisan yang isinya copy paste dari tulisan lain ataupun mengandung konflik SARA dan Pornografi
  3. Tingkatkan traffic/pengunjung blog Anda dengan mempromosikannya ke teman-teman.
Ok, mungkin cuma itu sarannya. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar