Rabu, 30 Maret 2011

Definisi Sombong dalam Islam

ditulis dengan lebih baik dan terstruktur oleh Rella Mareta 
Sebenarnya yang dimaksud Allah dengan sombong itu yang seperti apa sih? 
Mengapa sombong begitu dijauhkan dari surga dan kekal di neraka? 
“Rasulullah s.a.w bersabda: ‘Tidak akan masuk ke dalam surga seseorang yang dalam hatinyaada kesombongan barang seberat debu.’ Seorang laki-laki bertanya : ‘sesungguhnya ada seseorang yang menyukai supaya bajunya bagus dan terompahnya bagus.’ Nabi menjawab: ‘Sesungguhnya Allah itu indah, Dia menyukai keindahan. Kesombongan itu ialah menolak kebenaran dan memandang rendah orang lain.’” (Shahih Muslim)
(Yaitu) orang-orang yang memperdebatkan ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka. Amat besar kemurkaan (bagi mereka) di sisi Allah dan di sisi orang-orang yang beriman. Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang. (Al mukmin:35) 
Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat,hati mereka mengingkari (keesaan Allah), sedangkan mereka sendiri adalah orang-orang yangsombong. (an nahl:22) 
"Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahanam, dan kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong". (al mukmin:76) 
Semoga kita bukan lah orang yang sombong, yaitu orang yang menolak kebenaran yang datang kepada mereka, yang mengingkari ayat-ayat Allah (Al-Qur’an)..
~Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu.(2:147)~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar